Doa Supaya Pintar bagi Orang Tua yang Ingin Anaknya Pintar

Mempunyai anak yang sholeh, sholihah, pintar, penurut, tidak nakal dan rajin beribadah adalah kebanggaan serta yang diidam-idamkan orang tua. Apa itu anak yang sholeh dan sholehah? Yaitu adalah anak yang berbakti pada orang tua serta taat pada perintah Allah.

Doa Supaya Pintar bagi Orang Tua yang Ingin Anaknya Pintar

Anak adalah asset orang tua baik di dunia maupun di akhirat. Anak yang sholeh dan sholihah bukan hanya anak yang menjaga sopan santunnya serta taat kepada orang tua saja, tetapi lebih berfokuskan pada selalu menjaga agamanya dan taat kepada Allah. Berikut ini adalah ciri-ciri anak sholeh dan shalihah.

  • Membuat orang tua selalu tersenyum, bahagia, serta tidak membuat orang tua bersedih dan kecewa.
  • Mau merawat orang tuanya ketika orang tuanya lanjut usia.
  • Mudah memaafkan jika orang tuanya mempunyai kesalahan terhadap anak yang tidak disengaja.
  • Seandainya orang tua menyakiti, anak akan membalasnya dengan rasa sabar, tetap sayang kepada oranga tua, baik sanggka, berdoa serta bertawakal.
  • Selalu berbakti untuk orang tua serta mendoakan orang tua.
  • Tidak pernah mengeluh tentang kekurangannya.
  • Apabila memberikan nasehat akan memberikannya dengan cara yang lembut dan perlahan, sopan.
  • Tidak berhitung dalam kebaikan serta dalam harta.

Selain itu, orang tua jugDoa Supaya Pintar bagi Orang Tuaa boleh rutin membaca doa doa berikut ini agar anak menjadi sholeh, sholekhah, cerdas dan pintar.

  • Bacalah QS Al fatihah.
  • Kemudian Ayat Kursi (QS Al-baqarah 250).
  • QS Al Insyirah.
  • Diakhiri dengan QS Thaha ayat 1 sampai 5.

Cara mengamalkannya amalan diatas yaitu terlebih dahulu niat didalam hati agar anak menjadi anak yang sholeh, sholekahah dan cerdas serta pintar, adalah dengan menghembuskan saat anak sedang tertidur diwajahnya, lakukan secara berulang-ulang. Insya Allah atas izinNya akan menjadi anak yang sholeh dan sholekhah serta pintar dan cerdas.

Disamping dengan mengamalkan doa tersebut diatas, berikut adalah cara atau tips agar menjadi anak yang sholeh dan sholekhah, pintar dan cerdas,

  1. Membiasakan anak bangun pagi

Ajarkan anak untuk bangun ketika pagi hari, dan biasakan anak untuk melakukan sholat subuh berjamaah. Berdasarkan hasil survey, anak yang terbiasa bangun lebih pagi akan menjadi seorang anak yang lebih pintar, cerdas dan sukses dikehidupannya kelak jika dia beranjak dewasa.

  1. Bersabar dalam mendidik

Bersabarlah dalam mendidik anak, jangan langsung memarahi anak dan berperilaku kasar pada anak, jika anak melakukan kesalahan. Hal ini akan menjadikan anak takut dan mengalami trauma. Bukannya anak akan menjadi pintar dan cerdas, anak akan merasa tertekan dan cemas serta takut jika berhadapan dengan kita sebagai orang tuanya. Jangan serahkan sepenuhnya pendidikan dan pola asuhnya kepada lembaga atau instansi yang bernama sekolah. Adalah tanggung jawab orang tua untuk tetap melakukan pengawasaan dan pendidikan dasar anak.

  1. Jadilah sahabat curhat setianya

Orang tua dapat memposisikan drinya sebagai sahabat bagi anak, sehingga anak tidak merasa canggung dan merasa asing saat akan menceritakannya tentang segala suatu hal atau masalah yang sedang dihadapinya. Jalinlah komunikasi dua arah antara anak dan orang tua.

  1. Memberikan contoh yang baik

Orang tua sebagai teladan dalam bersikap dan berperilaku. Sebaiknya orang tua memberikan contoh yang baik untuk anaknya. Jangan menginginkan anak yang rajin sholat sedangkan orang tua tidak sholat. Menginginkan anak yang cerdas akademis tetapi orang tua tidak mendukungnya semisal dengan membelikannya sarana dan prasarana pendukungnya.

Demikian adalah doa yang bisa dicoba sebagai salah satu ikhtiar dan usaha orang tua yang menginginkan anaknya menjadi anak yang sholeh, sholekhah serta pintar dan cerdas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.