Cara Mencerdaskan Otak dengan Konsumsi Nutrisi yang Tepat

Bisa memiliki anak dengan kecerdasan tinggi tentu merupakan suatu anugerah yang patut disyukuri. Disamping selalu bisa berprestasi, kita jadi tidak perlu khawatir dan mengontrol nilai anak terlalu ketat. Toh, anak pun sudah bisa menyerap dengan cepat segala materi yang diberikan guru. Bahkan anak dengan intelegensi yang tinggi biasanya sudah tak perlu les tambahan akademik lagi karena kecepatan pemahaman anak sudah cukup cepat untuk diserap langsung dari sekolah.

Cara Mencerdaskan Otak dengan Konsumsi Nutrisi yang Tepat

Banyak yang menyatakan bahwa untuk bisa memiliki anak ber-IQ tinggi itu dipengaruhi oleh faktor genetik. Jadi bila orangtuanya tipe fast leaner atau termasuk golongan berpendidikan tinggi, maka kecerdasannya pun biasanya akan diturunkan pada orangtua. Namun cara mencerdaskan otak pun rupanya masih bisa dilakukan tanpa harus dari faktor genetik. Bagi anda yang bukan terlahir sebagai golongan ber-IQ tinggi tak usah bersedih hati, karena intelegensi itu bisa diasah dan bahkan bisa melebihi kapasitas otak yang sudah cerdas alami.

Pada dasarnya kecerdasan itu bergantung pada pola hidup setiap orang. Semakin banyak suatu individu membiasakan diri untuk memiliki gaya hidup yang selalu membuat otak terangsang untuk berpikir, maka sel-sel otak pun secara otomatis akan membentuk suatu jaringan yang semakin lama semakin besar. Filosofi sederhananya misalnya saja pada asal mula pembentukan jembatan pada wilayah baru yang terasing. Mula-mulanya sulit sekali untuk bisa menghampiri suatu lokasi yang dengan fasilitas terbatas.

Hingga akhirnya dibentuk jembatan kayu sederhana dan lama-lama berkembanglah suatu jembatan gantung modern seperti yang biasa anda lihat di setiap jalan tol. Cara mencerdaskan otak bisa diasumsikan seperti itu. Harus berusaha, diasah, konsisten, dan jangan lupa bahan bangunan berkualitas agar jembatan tetap bisa menjadi penyambung antar kota dengan kokoh. Begitu pula dengan otak, selain berusaha mengasahnya dengan belajar, bermain games asah otak sederhana, bersosialisasi lebih sering, juga diperlukan asupan nutrisi yang cukup untuk membuat otak bisa bekerja secara optimal.

Pola makan rupanya memberikan dampak yang besar pada kinerja otak. Mungkin contoh sederhananya dapat anda rasakan sendiri bedanya ketika berangkat untuk beraktivitas dalam kondisi sudah sarapan dan minum yang cukup dengan yang tidak sarapan sama sekali. Rasanya berpikir cenderung lebih cepat tanggap dan jernih, dibandingkan dalam kondisi kelaparan. Hal ini karena otak benar-benar membutuhkan nutrisi yang cukup untuk bisa membuatnya tetap bekerja. Ada banyak cara mencerdaskan otak yang bisa anda peroleh dari nutrisi pada makanan-makanan tertentu.

Nutrisi yang Terbukti Ampuh dalam Meningkatkan Kecerdasan Otak

Air putih

Mungkin anda sering melihat iklan dimana orang mendadak tulalit gara-gara kurang minum. Padahal iklan tersebut bukan hanya sekedar promosi iklan semata agar bisa membeli produk tersebut, namun faktanya air putih sangat membantu dalam membuat otak anda semakin segar dan dapat bekerja secara optimal.

Ikan salmon

Ikan ini merupakan sumber omega 3, EPA dan DHA. Dimana kandungan ini memiliki peran besar dalam pertumbuhan dan perkembangan otak. Riset pernah membuktikan dengan mempraktekan cara mencerdaskan otak dengan memberi asupan ikan salmon kepada 3 diantara 10 anak, terbukti ketiga anak tersebut memiliki nilai yang lebih besar saat ujian sekolah.

Kedelai

Kedelai memiliki kandungan protein yang tinggi yang sangat membantu dalam meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Jadi gak usah gengsi lagi makan tempe ya, hehe.

Telur

Bahan makanan murah meriah seperti telur, rupanya memiliki kandungan kolin yang tinggi dan sangat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak juga membantu memiliki daya ingatan yang tinggi.

Sayur-sayuran

Selain membantu dalam menjaga kesehatan tubuh, makanan yang tak disukai anak-anak ini rupanya sangat membantu untuk memperkuat jaringan sel otak karena kandungan gizi dan antioksidannya yang tinggi sehingga memberikan efek yang sangat positif pada perkembangan otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.