6 Jenis Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas, Pintar dan Sehat

Bagi yang baru saja mengalami kehamilan anak pertama, terkadang mengalami kebingungan dalam menangani dan menjaga kehamilan agar anak terlahir sehat dan tumbuh menjadi cerdas. Calon orangtua pun harus menjalani program tertentu demi mencapai tujuannya ini, terutama dalam hal asupan gizi. Pasalnya, apa yang dikonsumsi oleh calon Ibu otomatis akan mempengaruhi tumbuh-kembang janin dalam kandungannya.

6 Jenis Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas, Pintar dan Sehat

Maka itu, pasangan muda harus sangat berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan agar kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan calon bayi. Berikut ini adalah jenis makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil muda. Jenis makanan ini juga akan membantu orangtua mendapatkan anak yang sehat dan cerdas.

6 Jenis Makanan yang Menyehatkan untuk Janin

Berikut 7 jenis makanan yang dipercaya sangat menyehatkan bagi calon bayi.

  1. Ikan

Bukan rahasia lagi jika ikan merupakan jenis makanan yang kaya manfaat serta memiliki kandungan gizi yang tinggi. Ikan, terutama dari laut, mengandung asam lemak omega-3 yang sangat penting dalam proses perkembangan otak. Hasil studi pun menunjukkan jika ibu-ibu hamil yang mengkonsumsi ikan kurang dari 2 porsi per minggu akan melahirkan bayi dengan tingkat IQ yang rendah ketimbang yang makan lebih dari 2 porsi per minggu. Karena itu, masukkan ikan pada menu diet kehamilan Anda.

  1. Telur

Telur ayam sangat kaya akan asama amino kolin, yang juga akan meningkatkan perkembangan otak dan kemampuan memori bayi. Selain itu, telur juga mengandung protein dan zat besi yang penting dalam meningkatkan berat badan bayi. Pasalnya, bobot bayi juga berpengaruh pada tingkat kecerdasannya. Konsumsilah telur, terutama yang direbus, setidaknya dua kali dalam sehari.

  1. Bayam, Ayam, dan Kacang-kacangan

Makanan yang kaya akan zat besi dan protein sangat penting dalam proses pembentukan janin. Bayi pun bisa lahir dengan berat tubuh yang ideal, di mana ini akan berpengaruh pada kemampuan intelektualnya. Rajinlah mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi dan protein seperti bayam, ayam, dan kacang-kacangan. Anda pun bisa menggunakan suplemen zat besi berdasarkan saran dokter.

  1. Buah-buahan

Antioksidan adalah unsur yang juga sangat penting dalam tumbuh-kembang si janin. Unsur ini berguna agar bayi bisa terlahir sehat dan kebal, sehingga terhindar dari penyakit. Antioksidan banyak ditemukan pada buah-buahan, terutama beri-berian, tomat, dan lain-lain. Buah adalah jenis makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan buah juga dapat melindungi jaringan otak dan membantu perkembangan bayi.

  1. Yodium

Bukan hanya bagi ibu hamil, yodium pada dasarnya sangat penting untuk kebutuhan gizi. Kekurangan Yodium akan menyebabkan IQ yang rendah. Konsumsilah makanan yang mengandung garam beryodium terutama pada 12 minggu pertama kehamilan, namun secukupnya. Selain garam, yodium juga bisa didapatkan dari ikan laut, tiram, telur, dan yoghurt.

  1. Asam Folat

Apabila Anda meneliti produk untuk ibu hamil dan bayi, pasti akan menemukan unsur ini pada kandungan gizinya. Asam folat sangat penting untuk pembentukan sel-sel otak bayi. Sumber Asam Folat bisa didapatkan dari sayur-sayuran berwarna hijau. Selain itu, Anda juga harus mengkonsumsi Asam Folat dalam bentuk suplemen yang dibarengi dengan Vitamin B12.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis makanan sehat yang penting untuk masa kehamilan, terutama masa-masa awal. Meskipun demikian, ketujuh makanan di atas adalah jenis asupan yang wajib untuk dikonsumsi demi mendapatkan bayi yang terlahir sehat dan cerdas. Akan lebih baik jika Anda mulai mengkonsumsi makanan ini di saat Anda memutuskan untuk hamil, lebih bermanfaat sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.