5 Tips Meningkatkan Kecerdasan Anak dengan Aktifitas Outdoor

Tingkat kecerdasan anak memang berbeda-beda, ada yang yang sedang-sedang saja dan ada pula yang jenius. Untuk meningkatkan kemampuan anak memang gampang-gampang susah. Bila anak-anak masih dalam usia golden age, akan sangat mudah menstimulasi kecerdasan mereka. Bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan pun juga bisa dibantu dengan asupan gizi yang banyak. Dan salah satu cara yang lainnya adalah dengan aktifitas outdoor. Aktifitas di luar rumah tersebut ternyata juga mampu mencerdaskan anak, bagaimana caranya?

5 Tips Meningkatkan Kecerdasan Anak dengan Aktifitas Outdoor

Tips Meningkatkan Kecerdasan Anak dengan Aktifitas Outdoor

Anak-anak pastinya akan sangat senang bila bermain di luar rumah. Anda pun juga harus tahu, aktifitas outdoor tersebut ternyata juga mampu meningkatkan daya konsentrasi mereka. Lalu kegiatan apa saja yang harus dilakukan untuk menambah tingkat kecerdasan mereka?

Mengajak ke kebun binatang

Aktifitas di luar rumah itu memang banyak manfaatnya. Jangan pernah membatasi ruang gerak anak untuk bermain di luar rumah karena nantinya akan berpengaruh pada tingkat kecerdasan anak apalagi masih balita atau golden age. Dengan mengajaknya ke kebun binatang tentu akan menambah pengetahuan mereka mengenai jenis-jenis hewan. Mereka akan tahu nama hewan dan bagaimana bentuk serta suaranya. Ajaklah mereka ke kebun binatang saat akhir pekan dan damping anak-anak supaya mereka tahu tentang binatang.

Bermain petak umpet

Siapa sangka permainan tradisional ini bisa membantu meningkatkan daya konsentrasi anak khususnya balita. Bermain petak umpet akan membantu melatih saraf motorik mereka supaya lebih focus lagi. Selain itu permainan tersebut juga bagus untuk anak-anak bersosialisasi dengan teman.

Bermain sepak bola

Bagi anak laki-laki, mengajaknya bermain sepak bola itu sangat penting karena banyak manfaatnya. Tubuh anak akan menjadi lebih sehat, kuat dan seimbang. Permainan tersebut juga bisa membantu anak saling berkomunikasi dengan teman-temannya. Ajaklah anak-anak bermain sepak bola di halaman rumah atau di lapangan.

Berkebun

Aktifitas yang satu ini ternyata juga memiliki manfaat luar biasa bagi anak-anak. Mengajaknya berkebun tentu akan membuat anak-anak lebih mengenal tentang tanaman. Anda bisa mengajarkan mereka cara menanam pohon, merawat tanaman dan mengenalkan beberapa tanaman. Contohnya tanaman obat, tanaman hias atau pun sayuran. Dengan begitu pengetahuan dan wawasan mereka menjadi bertambah. Anda bisa mengajarkan juga bagaimana menyayangi tanaman supaya nantinya bisa bermanfaat bagi kehidupan manusia. Selain itu anak-anak pun akan mencintai alam lingkungan sekitar mereka dan jangan lupa ajarkan untuk selalu membuang sampah pada tempat sampah.

Mengajaknya berenang

Meningkatkan kecerdasan anak dengan aktifitas di luar rumah salah satunya adalah berenang. Anda bisa mengajaknya berenang di rumah atau pun di tempat umum. Kegiatan ini pun akan membantu menyehatkan anak, melatih keseimbangan serta melatih anak untuk tetap focus. Aktifitas tersebut juga akan meningkatkan minat atau hobi pada anak, jangan lupa untuk selalu mendampingi anak terutama saat masih balita bila ingin diajak berenang.

Kegiatan di luar rumah alias outdoor di atas merupakan hal positif yang mampu meningkatkan daya kecerdasan pada anak. Sebagai orang tua terkadang anda tidak ingin anak-anak bermain di luar rumah karena banyak faktor. Yang paling ditakutkan adalah takut kotor, padahal aktifitas outdoor tersebut memiliki banyak manfaatnya utamanya pada anak-anak masa golden age. Jangan membatasi anak untuk melakukan aktifitas outdoor karena hal itu akan mempengaruhi kecerdasan anak anda dan jangan lupa untuk tetap mengawasi dan mendampingi saat anak berada di luar rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.