5 Cara Pintar Matematika bagi Anak yang Kurang Suka Matematika

Anda pasti sering mendengar keluhan anak-anak tentang pelajaran matematika yang kata mereka sulit dan membuat pusing. Beberapa anak memang cenderung kurang menyukai pelajaran yang mengharuskan berpikir memakai logika. Misalnya adalah matematika dan fisika. Namun, sebagai orang tua pasti tidak bisa membiarkan hal tersebut berlangsung terus-menerus. Meskipun anak satu dan lainnya memiliki keunggulan di bidang-bidang tertentu, tidak ada salahnya kita mengajari mereka matematika.

5 Cara Pintar Matematika bagi Anak yang Kurang Suka Matematika

Supaya Anda tidak pusing menghadapi anak yang ngambek dan bahkan sama sekali tidak menyukai pelajaran hitung-menghitung, coba menyimak cara pintar matematika bagi anak yang kurang suka matematika berikut ini;

  1. Ajari Anak Menghitung Sejak Dini dengan Cara Menyenangkan

Mengajari anak menghitung sejak mereka masih kecil adalah cara untuk memperkenalkan mereka dengan angka-angka. Namun, perlu diperhatikan supaya Anda tidak mengajari mereka secara diktator dan monoton. Lalu, bagaimana cara yang sebaiknya dilakukan?

Cobalah menggunakan mainan tertentu untuk menarik perhatian anak Anda. Usahakan mainan yang memiliki banyak warna supaya mereka tidak bosan. Anda bisa memulai dengan menyuruh si kecil untuk memasukkan beberapa kelereng ke dalam gelas dan mengajaknya menghitung bersama-sama, atau melakukan permainan mencocokkan angka dan lain-lain. Buatlah suasana semenyenangkan mungkin untuk sang buah hati.

  1. Tanamkan Perasaan Suka Matematika sejak Dini

Cara pintar matematika untuk anak yang kurang suka pelajaran tersebut adalah dengan mengubah mindset mereka. Cobalah menanamkan cara berpikir bahwa matematika itu menyenangkan, seperti bermain teka-teki atau seperti mengungkap kasus pada cerita-cerita detektif.

Atau, cobalah mengatakan bahwa Anda sangat menyukai matematika, biasanya ucapan orang tua dapat mempengaruhi mindset anak perlahan-lahan. Apabila cara berpikir sudah berubah, mereka cenderung lebih mudah menerima setiap pelajaran matematika yang diberikan.

  1. Berlatih Matematika Secara Rutin

Berlatih secara rutin merupakan cara pintar matematika yang bisa Anda praktekkan ke anak-anak Anda. Namun, perlu diperhatikan supaya Anda tidak berlebihan memberi porsi latihan untuk mereka. Cara terbaik adalah dengan memberi soal yang harus diselesaikan sekitar 1 atau 2 soal tiap hari, jangan banyak-banyak tapi lakukan tiap hari.

Atau, jika anak Anda masih kesulitan, cobalah memberi soal dengan jenis yang sama berulang-ulang sampai ia mengerti rumusnya. Mengerjakan matematika secara rutin dan disiplin tiap hari lebih baik daripada Anda hanya menyuruh anak belajar sekali seminggu tapi langsung dengan banyak soal.

  1. Mengadakan Ujian dengan Anak sebagai Perlombaan

Cara pintar matematika yang unik dan perlu usaha lebih keras untuk orang tua adalah dengan melakukan perlombaan dengan anak. Perlombaan tersebut merupakan ujian dari materi-materi pelajaran selama Anda mengajari sang buah hati. Adakan ujian sebulan atau dua bulan sekali. Lalu beri si kecil hadiah sebagai hasil kemenangannya. Dengan begitu ia akan merasa senang dan lebih giat untuk belajar matematika. Bahkan tanpa hadiah pun, jika ia merasa berhasil memenangkan ujian, si kecil pasti sudah merasa senang.

  1. Tidak Memaksa Anak Belajar Saat Mood-nya Buruk atau Kelelahan

Hal paling penting yang perlu diperhatikan tiap orang tua ketika mengajari anak matematika adalah tidak memaksanya. Apalagi jika anak sudah sangat lelah atau moodnya sedang buruk. Apabila Anda tetap memaksanya, maka anak akan menganggap matematika semakin sulit dan semua yang Anda ajarkan menjadi sia-sia.

Bahkan kemungkinan terburuk adalah anak menjadi lebih tidak menyukai matematika dan tidak mau belajar sama sekali. Oleh sebab itu, ada baiknya menenangkan hati anak terlebih dulu, memberinya perhatian, baru mengajarinya lagi saat ia sudah merasa sehat dan lebih baik.

Mengajari anak yang tidak menyukai matematika dan membuatnya pintar memang gampang-gampang susah. Semua itu tergantung kesabaran dan ketekunan orang tua dalam membimbing sang buah hati. Semoga info di atas tentang cara pintar matematika dapat berguna untuk Anda dan anak Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.