4 Cara Agar Pintar bagi Anak sejak Usia Dini dengan Bantuan Keluarga

Setiap orang tua selalu ingin anak-anaknya tumbuh menjadi pribadi yang pintar, baik, cerdas dan kreatif. Namun, tidak semua orang tua mengetahui bagaimana cara mendidik anak yang benar. Kata benar di sini sebenarnya relatif, sebab kepribadian anak satu dengan anak lainnya berbeda – beda. Sehingga sebagai orang tua, kita tidak bisa menyamaratakan dalam mendidik buah hati.

4 Cara Agar Pintar bagi Anak sejak Usia Dini dengan Bantuan Keluarga

Meskipun kedengarannya sulit, tapi mendidik anak bisa jadi lebih mudah jika seluruh keluarga berperan di dalamnya. Sebab keluarga merupakan lingkungan pertama yang bisa membentuk pribadi si kecil sejak usia dini. Supaya anak Anda menjadi seseorang yang cerdas dan pintar, berikut ini akan diurakan tentang cara agar pintar bagi anak sejak usia dini dengan bantuan keluarga.

  1. Makanan Bergizi untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Anak yang pintar biasanya aktif dan selalu bersemangat, dengan banyaknya si kecil bergerak ke mana-mana akan membuatnya belajar berbagai macam hal di sekitarnya. Namun, untuk mengimbangi kelincahannya dalam belajar hal baru, Anda harus menyukupi kebutuhan nutrisinya.

Beri anak Anda ASI sampai dua tahun supaya kekebalan tubuhnya tinggi, jika sudah cukup besar, hidangkan makanan yang mengandung banyak protein seperti telur dan ikan laut. Biasakan juga si kecil untuk suka nyemil biji-bijian dan buah-buahan. Serta usahakan jangan menggunakan MSG pada masakan Anda.

  1. Menjaga Cara Bicara di Lingkungan Keluarga

Anak cenderung meniru ucapan dari orang-orang di sekitarnya. Sehingga sesama anggota keluarga perlu adanya pembicaraan yang baik ketika berkomunikasi. Keluarga harus sepakat untuk memilah dan memilih kata yang keluar dari ucapan mereka. Jangan ragu pula untuk menggunakan berbagai macam istilah yang sekiranya bisa dipahami si kecil.

Mengembangkan kosa kata si kecil adalah salah satu cara agar pintar berbahasa dan bertutur kata. Anak juga akan menjadi lebih mudah memahami buku bacaan ketika kosa katanya melimpah. Anda bahkan boleh memberitahunya kosa kata yang dianggap tidak pantas, beri pengetahuan padanya sehingga anak Anda tidak akan mengucapkan kata tersebut ketika berbicara dengan orang lain.

  1. Ajari Anak Hal-Hal yang Menjadi Kebiasaan Baik

Cara agar pintar untuk anak selain memberinya makanan bergizi adalah membiasakannya melakukan hal-hal tertentu yang akan menjadi habit sampai ia besar nanti. Untuk melakukannya, semua keluarga juga harus menerapkannya secara disiplin.

Misalnya, membiasakan sarapan tiap pagi, mengatur waktu tidur, membiasakan merapikan tempat tidur setelah bangun, membatasi jam melihat televisi, membatasi penggunaan smartphone, melakukan senam tiap minggu dan lain-lain.

Namun, cara tersebut jika tidak dibarengi dengan orang tua yang menjadi teladan, maka kemungkinan berhasilnya sangat kecil. Sebab anak pasti tidak akan mau mengikuti aturan-aturan tersebut jika kedua orang tua dan anggota keluarga yang lain malah tidak menerapkannya dengan benar.

  1. Penghargaan untuk Si Kecil

Hal paling penting untuk membuat si kecil belajar dengan senang hati adalah dengan menghargai hasil usahanya. Ini merupakan salah satu cara agar pintar sejak dini untuk si buah hati. Tidak harus memberi penghargaan berupa hadiah, ucapan terima kasih dan bentuk apresiasi lainnya berupa kata-kata pujian pun akan meningkatkan semangat belajarnya.

Mulailah dengan selalu mengucapkan terima kasih setelah meminta bantuan anak Anda, atau sematkan pujian-pujian tertentu seperti; kerja bagus, anak pintar dan lain-lain saat ia berhasil melakukan tindakan baik atau selesai mengerjakan pekerjaan rumahnya.

Mendidik anak memang butuh kerja keras serta kerja sama dari semua anggota keluarga, sehingga buah hati bisa menjadi pribadi yang baik, pintar, cerdas dan memiliki empati. Sebab, peran keluarga sangat berarti bagi tumbuh kembang buah hati Anda. Semoga info mengenai cara agar pintar bagi anak sejak usia dini dengan bantuan keluarga ini dapat membantu Anda membuat si kecil lebih pintar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.